Senin, 31 Desember 2012

Penemuan Prasasti Brumbung III???



Prasasti Brumbung III
Legenda ataukah Fakta???
Koleksi Museum Desa Brumbung

Desa Brumbung, Kec. Kepung, Kab. Kediri Jawa Timur, merupakan daearah kuno yang telah ada jauh sebelum Indonesia Merdeka. Hal ini di buktikan dengan diketemukannya 2 Prasasti yang berasal pada masa Kerajaan di Kadhiri dan Kerajaan Majapahit. Prasasti pertama disebut Prasasti Gneng I/ Brumbung I, dan yang kedua disebut Prasasti Gneng II/Brumbung II.
menurut masyarakat sekitar Brumbung, masih ada sdtu lagi Prasasti yang terpendam di daerah lemah watu tulis. Tepatnya di tanah mlik Bapak Purwito.

untuk membuktikan cerita yang telah lama beredar, maka pada tgl 25 Desember 2013 lalu, telah di adakan pencarian dan pembuktian akan keberadaan prasast tersebut.
penggalian tanah pun dilakukan di situs lemah weatu tulis. Kebetulan I situs yang berada di tanah daerah milik Bapak Purwito tersebut, baru saja mengalami masa panen.  

Penggalian pada hari pertama tersebut ternyata tidak menemukan Batu Prasasti yang di ceritakan, namun menemukan struuktur batu persegi  dan beberapa keramik Cina. Sebuah umpak yang terguling dan serpihan batu-bata kuno. Namun warga tetap ingin mencari ke beberapa titik yang diduga lokadi prassati keya, hingga ketemu. 

Kala itu bertepatan pula sengan kunjungan Komunitas PASAK yang senang melanjutkan pengumpulan data tentang sejarah Desa Brumbung. Oleh karenanya pada hari Rabu, 26 Desember 2012 dibuatkan dan dikirimkan surat keberadaan situs lemah Watu Tulis tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar