Rabu, 15 Februari 2017

MISTERI 3 ARCA KANDANGAN

Arca Unfinish 1
Kandangan merupakan kecamatan ujung timur dari Kabupaten Kediri. Kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang di sebelah timur dan Kabupaten Jombang di sebelah utara. Ekspedisi Bumi Kadhiri yang dilakukan Komunitas PASAK (Pelestari Sejarah – Budaya Kadhiri) telah mengunjungi beberapa tinggalan arkeologis di wilayah Kandangan ini. Untuk kali ini akan kita bahas mengenai Kunjungan menuju 3 Arca di pinggir jalan raya Jombang - Kandangan.

Sebelumnya Ekspedisi Bumi Kadhiri kali ini bertujuan Re Inventarisasi Potensi Cagar Budaya di wilayah Kec.Kandangan, terlebih dahulu kami mengunjungi kumpulan Arca yang terpajang di pinggir jalan Jombang – Kandangan, tepatnya berada di sudut pertigaan menuju SMAN 1 Kandangan. Lokasi ini masuk di Dusun Kebondalem, Ds. Kandangan, Kec. Kandangan, Kab. Kediri dengan koordinat UTM 49 641118 9143463 569ft.

Terdapat tiga buah arca yang ditata berjajar, namun sayang wujud arca terlihat masih belum sempurna dibuat (unfinish). Adapun wujud arca –arca tersebut sebagai mana berikut:

1.      Arca Unfinish 1
Arca ini dalam inventarisasi BPCB Jawa Timur bernomor registrasi 45/KDR/1990. Adapun wujud arca digambarkan hanya setengah badan saja (pinggang ke atas). Posisi arca dalam sikap berdiri samabangga dan stella nya dibuat ganda. Secara samar terlihat semaca belalai di kepala arca. Jika benar objek tersebut adalah belalai, maka dimungkinkan jika arca ini ingin dibentuk sebagai arca Dewa Ganesha.

2.      Arca Unfinish 2
Arca ini dalam inventarisasi BPCB Jawa Timur bernomor registrasi 46/KDR/1990. Lokasinya diletakkan disamping arca 1. Posisisnya dalam sikap berdiri samabhangga dengan stela ganda. Bertangan dua, dimana tangan kanan membawa trisula sedangkan tangan kiri ditekuk pada muka dada. Secara samar terlihat Memakai jatamakuta yang dilengkapi dengan ardhacandrakapala di tengah makutanya. Dengan petunjuk semacam itu dimungkinkan arca ini merupakan arca Dewa Siwa.
Arca 2

3.      Arca Unfinish 3
Arca ini dalam inventarisasi BPCB Jawa Timur bernomor registrasi 47/KDR/1990. Diletakkan disamping arca 1 dan Arca 2. Sikap berdiri samabhangga. Bertangan dua, dimana tangan kanan belum selesai dikerjakan dan tangan kiri dalam posisi lurus ke bawah.
Arca 3

Mengenai keberadaan arca tersebut, masyarakat yang kami wawancarai tidak tahu asal usul arca. Sejak zaman nenek mereka, posisi arca telah berada di situ. Melihat konteksnya Arca ini dekat dengan temuan lain, yaitu Arca Nandi Kebondalem yang berjarak sekitar 500 m dari lokasi 3 arca dan juga Situs Bioro yang berjarak sekitar 1 km dari lokasi. Ada yang berpendapat jika wilayah Kebondalem pada zaman dahulu merupakan bekas bengkel arca.

Mengenai usia 3 arca Kandangan ini masih belum dapat ditentuan secara pasti. Namun secara kontekstual lokasi arca dekat dengan Situs Bioro yang ditemukan isnkripsi tahun 1171 Saka. Sehingga setidaknya masyarakat pendukung kebudayaan di sekitar Kebondalem kuno telah ada pada tahun 1171 Saka (1249 M).


*Novi BMW-Galih Jati-Mas Jeje-Arifudin-Wanda*

1 komentar:

  1. di desa sentul bukur ada petilasaun tegal genuk misteri blum terlepecahkan

    BalasHapus